Vista SP1 Tak Seindah Janji Microsoft


Windows Vista Service Pack 1 akhirnya dirilis juga. File berukuran 434,5 MB ini sudah bisa didownload di situs resmi Microsoft mulai 18 Maret kemarin. Namun beberapa pengguna merasa kecewa karena hasilnya tidak seperti yang dijanjikan pihak Microsoft.


Paket Service Pack 1 yang dilepas Microsoft ini sudah mencakup semua update yang pernah dibuat sejak Vista diluncurkan Februari 2007 kemarin termasuk beberapa perbaikan baru yang diklaim akan meningkatkan performa Vista.

Update dapat dilakukan dengan 2 cara. Lewat fasilitas Automatic Update pada Control Panel atau dengan mengunduh file updatenya kemudian menginstalnya secara manual.

Menurut pihak Microsoft, Service Pack 1 ini akan meningkatkan performa Windows Vista dan juga akan menambah dukungan terhadap beberapa hardware dan software. Namun yang terjadi malah beberapa software malah tidak lagi dapat diinstal pada SP1 ini. Software yang masuk dalam daftar itu termasuk beberapa antivirus dan The New York Times Reader. Malahan beberapa driver malah harus diupgrade terlebih dulu sebelum bisa menginstal SP1 ini.

Janji bahwa performa Vista akan meningkat drastis ternyata tidak terbukti. Baik dalam masalah browsing, download, dan konsumsi daya tidak terjadi peningkatan atau malah menurun dibanding tanpa SP1. Satu hal yang mungkin menarik adalah keputusan Microsoft untuk menghilangkan fungsi killswitch yang berfungsi untuk 'mematikan' Vista yang belum diregistrasi itu.

0 komentar: