Ubuntu Bakal Rebut Pegguna Windows


Walaupun masih berstatus beta, nampaknya Ubuntu 8.04 yang bercode name Hardy Heron ini sudah mampu menawarkan banyak fitur yang mampu membuat pengguna Windows tergiur. Operating System berbasis Open Source ini menawarkan kemudahan bagi pengguna non-Linux.


Fitur yang dijagokan buat menarik pengguna Windows ini salah satunya adalah yang disebut Wubi. Dengan Wubi ini, pengguna Windows dapat menginstal Ubuntu ke dalam Windows seolah seperti menginstal software biasa. Tidak perlu membuat partisi terpisah atau merubah boot loader. Dan kalau pengguna tidak berminat menggunakan Ubuntu, OS ini dapat diuninstal dengan mudah pula.

Ubuntu juga memasukkan fitur Vinagre yang membuat Ubuntu dapat terkoneksi dengan Windows XP atau Windows Vista lewat Remote Desktop Connection dan System Monitor yang lebih mudah untuk dibaca.

Dari sisi keamanan, PolicyKit dan Authorizations memudahkan administrator untuk mengatur fitur yang bisa diakses dan tidak bisa diakses oleh pengguna yang berlevel user biasa.

Fitur lain yang dijagokan adalah Firefox 3.0 Beta 4 yang dipasang sebagai default internet browser, Brasero yang diklaim lebih mudah digunakan daripada Nero dalam membakar CD atau DVD, dan Transmission BitTorrent yang mampu mendownload lebih cepat dari GNOME BitTorrent yang sebelumnya dipakai oleh Ubuntu.

Dengan berbekal fitur-fitur baru itu, Ubuntu berharap dapat menjadi Operating System alternatif yang cukup handal bila dibanding Windows.

0 komentar: